Ketahui Cara Memilih Daycare yang Bagus

Ketahui Cara Memilih Daycare yang Bagus

Ketahui Cara Memilih Daycare yang Bagus – Seperti yang kita tahu bahwa setiap orangtua pasti memiliki kesibukannya sendiri dalam melakukan segala hal dan pekerjaannya. Moms, sebenarnya ini pilihan ya, cuma kalau saya waktu itu memutuskan untuk tidak pakai pengasuh tapi saya titipkan di daycare. Karena menurut saya, daripada di rumah hanya berdua, saya lebih merasa aman kalau menitipkan anak saya di daycare ibaratnya seperti saat baru pertama melahirkan di rumah sakit itu ada suster2 yang membantu merawat bayi saya, inipun demikian seperti pengasuh2 nya sudah lebih berpengalaman aja.

Dari segi biaya juga lebih murah lho moms, jaman sekarang pengasuh itu mahal dan banyak drama. Selain itu, sama halnya seperti anak yang sudah masuk ke sekolah dan bersosialisasi dengan banyak teman, inipun demikian. Yang otomatis akan lebih melatih kemampuannya bersosialisasi, lebih mandiri, lebih disiplin dalam rutinitas sehari2 (contoh: makan, tidur siang), lebih banyak stimulasi untuk melatih perkembangan motorik serta kognitifnya, misalkan melihat bayi yang lebih dewasa sudah bisa duduk, maka bayi kita akan tertarik untuk segera bisa duduk. Ini udah terbukti yah moms đŸ™‚ Tapi ada juga kekurangannya, namanya tinggal bersama dengan banyak anak, otomatis jika ada satu anak yang sakit, maka yang lainpun bisa tertular, paling sering virus Flu, namun tergantung dari kondisi imun masing2 tubuh anak ya.

Bagaimana sih memilih daycare yang bagus?

1. Survey
Sebelum memilih bayimu mau dititipkan di daycare mana, tentunya semua orangtua melakukan survey terlebih dahulu. Waktu itu saya mendapat informasi dari teman, bahwa daycare ini bagus dan pemilik dari daycare ini adalah seorang dokter anak yang terkenal di Surabaya. Sudah tentu donk, daycare ini pastinya bagus. Tidak hanya sekedar mendengar informasi, namun saya juga langsung survey ke lokasi daycare tersebut untuk melihat apakah tempatnya layak, lingkungannya (pengasuh dan anak2nya), mendapat fasilitas apa saja, kebersihannya bagaimana dan lainnya.

2. Fasilitas daycare
Tentu saja, seperti memilih sekolah kamu pasti membandingkan uang SPP nya berapa dengan fasilitas/materi yang didapatkan. Begitu juga dengan memilih daycare, biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya berbeda2 antara daycare yang satu dengan yang lain. Namun fasilitas yang didapat juga pastinya berbeda ya. Kalau di daycare tempat anak saya, biaya tidak terlalu casquedrdre murah namun juga tidak mahal, karena di daycare ini bisa mendapatkan fasilitas makan siang 1x sehari, snack 2x sehari, full AC, mandi 2x sehari, satu pengasuh 3-4 anak (ini perlu diperhatikan moms, karena jangan sampai jumlah anak yang terlalu banyak namun jumlah pengasuhnya sangat minimalis sehingga nanti anakmu tidak akan terawat dengan baik). Selain itu, setiap anak mendapatkan box tidur sendiri2 dan ada fasilitas bermainnya cukup banyak untuk merangsang perkembangan sensoriknya.

3. Menu makanan
Asupan gizi makanan sangat perlu diperhatikan karena berpengaruh dalam pertumbuhan serta kesehatan anak kita. Sekalipun mendapat fasilitas makanan gratis dari daycare, anda juga perlu memperhatikan bahwa makanan tersebut memiliki nutrisi/gizi yang lengkap, tanpa bumbu2 pengawet, dan porsi makanannya cukup tidak terlalu sedikit untuk anak kita.

4. Keamanan
Sangat penting bagi kita menjaga bayi kita agar tetap terlindungi. Bukan hanya dari bahaya penyakit, namun juga dari keamanan secara fisik. Anda pastinya sangat tahu, anak mulai usia merangkak harus diawasi secara hati-hati. Nah anda perlu memastikan apakah ruangan daycare tersebut aman, misalkan ada pagar pembatas supaya anak tidak bisa turun tangga, apakah pintu daycare susah untuk dibuka oleh anak2 agar tidak mudah keluar dari area daycare tersebut. Pastikan juga bahwa di daycare terdapat banyak CCTV untuk memantau seluruh aktivitas anak2.