Perempuan Terkaya di Dunia

Perempuan Terkaya di Dunia

Perempuan Terkaya di Dunia – Di dunia ini ada golongan orang-orang yang tidak dapat kita tentukan. Ada orang yang memiliki keturunan orang kaya bahkan ada juga orang yang berasal dari keluarga miskin. Ada sebanyak 234 perempuan masuk dalam daftar miliuner dunia versi Forbes pada tahun ini. Pandemik COVID-19 telah menurunkan jumlah perempuan-perempuan terkaya di dunia tahun ini dibanding tahun lalu yang jumlahnya mencapai 244 perempuan terkaya.

Terlepas dari ketidakstabilan ekonomi baru-baru ini, para perempuan ini secara kolektif lebih kaya 29,4 miliar dolar AS dibandingkan tahun lalu. Forbes menggunakan harga saham dan nilai tukar mulai 18 Maret 2020 untuk menghitung kekayaan bersih mereka.

1. Francoise Bettencourt Meyers dan keluarga

Bettencourt Meyers mewarisi kekayaannya dari ibunya, Liliane Bettencourt. Kakek Meyers, Eugene Schueller, ialah pendiri L’Oreal, salah satu brand kosmetik terkemuka dunia. Tahun 2020, penjualan L’Oreal mencapai USD 33,6 miliar, meskipun keuntungan perusahaan turun 6 persen karena menurunnya minat konsumen menggunakan make up selama pandemi. Kendati, saham perusahaan masih naik 38 persen dan membuat wanita dengan kekayaan USD 73,6 miliar ini menjadi wanita terkaya nomor 1 di dunia.

2. Alice Walton

Anak perempuan satu-satunya pendiri Walmart, Sam Walton, ini merebut kembali gelarnya tahun ini sebagai perempuan terkaya di dunia. Ia sempat tergeser oleh Francoise Bettencourt tahun lalu.

Kekayaan Walton meningkat 23 persen sejak terjado gejolak pandemik. Walton, yang tidak memiliki peran di Walmart, membantu memimpin program di yayasan keluarga Walton yang akan menerbitkan obligasi senilai 300 juta dolar AS untuk membantu sekolah piagam berinvestasi dan merenovasi fasilitas.

Alice Walton mencatatkan kekayaan 54,4 miliar dolar AS atau setara Rp7,7 kuadriliun.

3. MacKenzie Scott

Mantan istri pendiri Amazon, Jeff Bezos ini ‘ketiban durian runtuh’ gegara perceraiannya dengan mantan suami. Bezos, secara aturan hukum, diharuskan memberi mantan istrinya beberapa porsi kekayaannya, menjadikan MacKenzie wanita kaya yang berharta USD 53 miliar.

Baca Juga : Daftar Artis Korea yang Berasal dari Keluarga Kaya

4. Julia Koch dan keluarga

Julia dan anak-anaknya mendapat saham bisnis keluarga, Koch Industries, sebesar 42 persen setelah perceraiannya dengan mantan suami, David Koch. Sekarang, Julia duduk di kursi direksi Koch Industries. Hartanya USD 46,4 miliar.

5. Miriam Adelson

Adelson mengelola 56 persen saham operator kasiona, Las Vegas Sands, yang merupakan bisnis keluarganya. Perusahaan diketahui rugi USD 985 miliar di kuartal ke-2 tahun 2020, karena adanya pandemi. Saat ini, Adelson berharta USD 38,2 miliar.

6. Jacqueline Mars

Jacqueline dan saudaranya, John Mars mengelola perusahaan makanan olahan seperti permen cokelat M&M’s, Skittles dan makanan binatang peliharaan. Kekayaannya Jacqueline mencapai USD 31,3 miliar kini.