RI Jutaan Orang kaya Baru

RI Jutaan Orang kaya Baru – Indonesia menjadi negara perekonomian terbesar deretan lima besar karena banyak orang kaya baru.

Indonesia diramalkan akan menjadi salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Bahkan bakal berada di deretan lima besar dunia karena ditopang dengan banyaknya Orang Kaya Baru (OKB) di Tanah Air.

Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN), Chairul Tanjung mengutip dari prediksi lembaga konsultan internasional Mc Kinsey menyatakan, sudah lebih dari 50 juta penduduk Indonesia pada 2012 masuk dalam jebakan berpendapatan menengah (middle income trap). Pendapatan per kapita mencapai US$ 3.500.

“Perkiraan ini akan melonjak menjadi 170 juta orang Indonesia masuk middle income pada 2030. Sedangkan data dari BCG, kalangan menengah kita akan tumbuh menjadi 147 juta di 2030 dari 70 juta orang di 2012. Kelas menengah kita akan tumbuh luar biasa besar,” kata dia dalam Sosialisasi Rencana Strategis Kementerian Perhubungan di Jakarta.Selain itu, tambahnya, Indonesia memperoleh anugerah berupa keuntungan bonus demografi. Negara ini berada dalam posisi menguntungkan dengan jumlah struktur penduduk yang bagus.Artinya, sambung Chairul, persentase penduduk yang berusia muda, produktif, punya pekerjaan dan penghasilan jauh lebih besar dibanding jumlah orang yang harus ditanggung, seperti orang tua jompo dan anak-anak sekolah.

Baca Juga: Ketahuilah Makanan Sehat untuk Menambah Daya Tahan Tubuh

“Kalau persentase yang bekerja lebih besar maka terdapat sisa uang yang bisa menjadi modal pembangunan. Sisa uang itu akan ditabung dan dibelanjakan. Indonesia masuk ke dalam Orang Kaya Baru (OKB) dan jika punya uang kelebihan dibelanjakan,” terang pengusaha media itu.Konsumsi masyarakat yang besar, lanjutnya, bisa menyumbang terhadap perekonomian Indonesia. Selama ini, konsumsi domestik menjadi tulang punggung ekonomi negara ini. Tak heran bila Mc Kinsey menyebut Indonesia akan menjadi negara dengan perekononomian besar di urutan ketujuh dunia di 2030.”Sedangkan kami punya visi Indonesia menjadi kekuatan lima besar ekonomi dunia dengan income per kapita US$ 18 ribu di 2030, sehingga jika dikalikan perkiraan total penduduk 300 juta orang, maka bisa menembus US$ 5 triliun di tahun itu.

admin:

This website uses cookies.